Bikin Wajah Segar Sepanjang Hari

 

Pekerjaan mengharuskan Anda untuk mobile dan bertemu banyak orang sepanjang hari. Setelah mengerjakan laporan rutin di kantor, Anda harus mewawancara calon karyawan, lalu makan siang sekaligus meeting dengan rekanan. Sorenya, Anda harus menghadiri undangan peluncuran sebuah produk di tempat lain. Karena Anda membawa image perusahaan, tentunya Anda tak boleh tampil sembarangan. Lupakan dulu memikirkan busana yang harus dipakai. Menjaga agar wajah tidak terlihat lelah pun hampir-hampir Anda tak sempat.

Bila hal seperti ini sudah menjadi problem Anda sehari-hari, tampaknya Anda memang harus lebih peduli terhadap perawatan kulit Anda. Pada dasarnya, ada dua jenis perawatan, yaitu dari luar (dengan produk perawatan atau menggunakan trik-trik kosmetika), dan dari dalam (berupa asupan makanan atau suplemen). Bahkan perawatan dari dalam ini sebenarnya lebih penting. Hasil penelitian American College of Nutrition menyebutkan bahwa makanan yang baik dan alami akan melindungi kulit dari proses penuaan sel-sel kulit, kerusakan kulit, dan kanker kulit. Kulit, serta rambut dan kuku, mengandung protein seperti kolagen, elastin, dan keratin, yang memberi reaksi jika Anda mengkonsumsi nutrisi yang serupa.

Berikut ini beberapa tips untuk merawat kesehatan kulit:


Dari Dalam

1. Saat bangun tidur, sebelum perut terisi makanan atau minuman apapun, minumlah dua gelas air putih. Satu sendok makan madu atau perasan lemon di dalam air minum tersebut akan baik untuk membersihkan perut dan membuang racun.

2. Jaga tingkat gula darah dengan memilih karbohidrat dengan kadar gula darah rendah, seperti bayam, brokoli, buncis, kacang kedelai, beras merah, gandum, nanas, anggur, apel, pir, peach, dan plum. Kurangi juga kafein dan minuman bersoda.

3. Minum banyak air putih, minimal delapan gelas sehari. Tambahkan buah-buahan dan lebih banyak sayur dalam menu makan Anda. Ide ini memang terkesan basi, namun karena menganggapnya sepele itulah impian kita memiliki kulit sehat tak juga menjadi kenyataan.

4. Minum suplemen, atau vitamin E, yang akan berfungsi sebagai antioksidan yang memperlambat proses penuaan dini. Pilih vitamin E alami, ketimbang vitamin E sintetik, karena dua kali lebih mudah diserap oleh tubuh. Asupan vitamin E juga akan meregenerasi sel-sel kulit yang rusak, mencegah keriput, meningkatkan kekenyalan dan kelembaban kulit, dan mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti jantung koroner, kolesterol tinggi, kanker, osteoarthritis, dan katarak.

Dari Luar

1. Selelah apa pun Anda, bersihkan wajah dari make-up sebelum tidur. Cuci wajah dengan sabun muka yang mengandung moisturizer. Gunakan juga pembersih, toner, dan pelembab khusus untuk malam hari (night cream), sesuai jenis kulit Anda. Pelembab akan bekerja lebih baik saat malam hari. Ketika Anda tidur, temperatur kulit meningkat dan menyerap pelembab lebih baik. Pelembab juga tidak "bersaing" dengan make up atau sinar matahari.

2. Tahukah Anda bahwa minyak pada wajah yang muncul saat bangun tidur adalah bahan alami yang baik untuk menjaga agar kulit tetap kenyal? Karena itu, tak perlu mencuci atau membuang minyak pada hidung dan dagu Anda dengan sabun. Pancarkan air dingin dari shower untuk "membangunkan" wajah Anda. Sapukan minyak pada hidung dan dagu ke bagian wajah Anda yang lain untuk "meratakan" kelembabannya. Percayalah, kulit wajah yang kering justru akan membuat Anda cepat keriput.

3. Sebelum memulas bedak, gunakan pelembab yang sesuai jenis kulit Anda. Jangan menggunakan foundation untuk penggunaan sehari-hari. Foundation memang membuat riasan wajah menjadi awet, namun akan terlalu "berat" untuk kulit wajah.

4. Pakai lipstik berwarna muda, dan sapukan pemulas pipi tipis-tipis untuk memberi kesan wajah berseri-seri.

5. Sering-seringlah mencuci wajah jika sudah terasa lengket, namun jangan menggunakan sabun. Jika Anda bekerja, basuh wajah dengan tisu basah.

6. Lakukan scrub pada wajah seminggu sekali untuk membuang sel-sel kulit yang mati.

7. Tidur cukup dan tidak terlalu larut, agar sel-sel di seluruh tubuh, termasuk sel-sel kulit yang rusak, diperbaiki; dan sel-sel yang baru diproduksi.

8. Last but not least, olahraga. Bila Anda masih mengaku tak punya waktu untuk berolahraga, sadarilah, ini sebenarnya karena olahraga belum menjadi prioritas dalam kegiatan Anda. Olahraga yang melatih otot besar seperti jalan cepat, aerobik, atau berenang, akan melancarkan aliran darah. Dengan demikian asupan nutrisi dan oksigen pada sel-sel kulit lebih baik, dan mempercepat pembentukan sel-sel kulit baru.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: